• Jl. Taman Siswa 25 Yogyakarta, Indonesia

  • +62 274-388362

  • senirupa@ustjogja.ac.id

Visi

Pada tahun 2025 Unggul menghasilkan SDM Pendidik Seni Rupa yang kreatif, inovatif, dinamis, dan mandiri berdasarkan Ajaran Hidup Tamansiswa.

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan Seni Rupa yang kreatif, inovatif, dinamis, dan mandiri berdasarkan Ajaran Hidup Tamansiswa.
  2. Melaksanakan penelitian pendidikan seni rupa dan penelitian bidang seni rupa lainnya yang berorientasi pada nilai kreatif dan inovatif.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat demi kemajuan pembangunan bagi kesejahteraan masyarakat yang berdampak sosial, berkemajuan, dan
  4. Melaksanakan pelestarian dan pengembangan kebudayaan untuk mewujudkan masyarakat yang kreatif, inovatif, dinamis, tertib, damai, salam, dan bahagia.
  5. Mengembangkan networking dengan memperkuat hubungan kerjasama yang dinamis dengan instansi dan lembaga yang terkait dalam bidang pendidikan, senirupa, danbudaya yang berskala nasional maupun internasional.

 

Tujuan

  1. Menghasilkan SDM pendidik seni rupa profesional yang kreatif, inovatif, dinamis, dan mandiri berdasarkan Ajaran Hidup Tamansiswa.
  2. Menghasilkan SDM perupa profesional yang kreatif, inovatif, dinamis, dan mandiri berdasarkan Ajaran Hidup Tamansiswa.
  3. Mendukung ketersediaan layanan pendidikan seni rupa yang terjangkau, unggul, dinamis sesuai dengan perkembangan jaman berdasarkan Ajaran Tamansiswa.
  4. Menghasilkan penelitian pendidikan dan penelitian bidang seni rupa yang secara kreatif, inovatif, dinamis, dan mandiri untuk diimplementasikan hasil penelitian untuk kepentingan pendidikan dan mempublikasikannya melalui jurnal ilmiah bertaraf nasional dan internasional bereputasi (terindeks scopus).
  5. Menghasilkan pengabdi masyarakat yang fokus pada bidang seni dan budaya yang kreatif, inovatif, dinamis, dan mandiri dengan mempublikasikannya melalui jurnal ilmiah bertaraf nasional dan internasional bereputasi (terindeks scopus).
  6. Menghasilkan pendidik seni rupa dan perupa profesional yang mampu berperan dalam melestarikan dan mengembangkan kebudayaan untuk mewujudkan masyarakat tertib damai, salam dan bahagia.
  7. Menghasilkan pengembangkan dinamis dengan memperkuat jejaring kemitraan dengan instansi dan lembaga yang terkait dalam bidang pendidikan, seni rupa, dan budaya yang berskala nasional maupun internasional.

 

Profile Prodi Pendidikan Seni Rupa

  1. Menghasilkan pendidik seni rupa yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kreatif, inovatif, dinamis, dan mandiri berdasarkan Ajaran Hidup Tamansiswa.
  2. Mendukung ketersediaan layanan pendidikan seni rupa yang terjangkau dan unggul sesuai dengan perkembangan jaman berdasarkan Ajaran Tamansiswa.
  3. Menghasilkan pendidik seni rupa yang mampu mengiplementasikan hasil penelitian untuk kepentingan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat serta mempublikasikannya melalui jurnal ilmiah bertaraf nasional dan internasional bereputasi (terindeks scopus).
  4. Menghasilkan pendidik seni rupa yang mampu berperan dalam mengembangkan kebudayaan untuk mewujudkan masyarakat tertib damai, salam dan bahagia.
  5. Mengembangkan jejaring kemitraan dengan instansi dan lembaga yang terkait dalam bidang pendidikan, seni rupa, dan budaya yang berskala nasional maupun internasional.

 

Struktur Prodi